SD Al-Tafaqquh Fiddin Sindangwangi sukses menyelenggarakan kegiatan Tasyakur Khotmil Qur’an Bin-Nadzri dan Bil-Hifdzi serta Pelepasan Siswa Kelas VI Angkatan ke-1 Tahun 2024

[et_pb_section fb_built=”1″ admin_label=”Section” _builder_version=”4.16″ custom_padding=”18px|||||” global_colors_info=”{}”][et_pb_row _builder_version=”4.25.2″ _module_preset=”default” custom_padding=”0px|||||” box_shadow_style=”preset5″ global_colors_info=”{}”][et_pb_column type=”4_4″ _builder_version=”4.25.2″ _module_preset=”default” global_colors_info=”{}”][et_pb_text _builder_version=”4.25.2″ _module_preset=”default” text_font=”Arial||||||||” text_text_color=”#000000″ text_orientation=”justified” custom_margin=”4px|||16px||” custom_padding=”12px|15px||||” hover_enabled=”0″ global_colors_info=”{}” sticky_enabled=”0″]

SD Al-Tafaqquh Fiddin Sindangwangi sukses menyelenggarakan Kegiatan Tasyakur Khotmil Qur’an Bin-Nadzri dan Bil-Hifdzi serta pelepasan Siswa/i Kelas VI Angkatan ke-1 Tahun 2024 untuk yang pertama kalinya.

Dalam acara ini SD Al-Tafaqquh Fiddin melepas siswa-siswi kelas VI sebanyak 56 siswa, baik yang sekaligus santri maupun non santri, kegiatan ini  berlangsung di halaman Pondok Pesantren Mursyidul Falaah, Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka pada Sabtu (29/6/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh siswa-siswi & santri beserta orang tua / walinya dan tamu undangan lainnya diantaranya para masayikh dan asatidz pondok pesantren Mursyidul Falaah, Bapak Pengawas SD, Ketua K3S  Kec. Sindangwangi, Kepala SMP dan SMK Al-Tafaqquh Fiddin. Dalam berjalannya acara tersebut selain acara Khotmil Qur’an ada juga acara pentas seni dari siswa/i kelas 1 sampai kelas 6 SD Al-Tafaqquh Fiddin.

Prosesi khotmil Qur’an sebagai acara inti diisi dengan beberapa rangkaian. Diawali dengan menyayikan lagu Mars Tilawati, pembacaan Asmaul Husna oleh semua peserta, pembacaan Q.S Al Mu’minun ayat 1-11 oleh ananda Ulya ‘Atiatul Fauziyah, anak kelas 6 yang telah hafal 19 juz, dilanjut dengan pembacaan surat An Naba’, adz dzuha, al Takatssur sampai surat an Nas, demonstrasi hafalan materi Ghorib Musykilat oleh seluruh peserta siswa putra, demonstrasi hafalan materi Tajwid oleh seluruh siswi putri dan ditutup dengan Do’a Khotmil Qur’an oleh ananda Muhammad Aniq Shofiyuddin.

Kepala SD Al-Tafaqquh Fiddin Ust. Ahmad Hidayatulloh, S.Ag. menyampaikan beberapa hal dalam sambutannya. Antara lain beliau mengapresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini. Ia juga berterima kasih kepada orang tua yang telah mempercayakan SD Al-Tafaqquh Fiddin sebagai tempat pendidikan anak-anak mereka selama enam tahun. Beliau juga menyampaikan selama enam tahun ini pula kami membuka lebar-lebar saran serta kritik yang membangun demi suksesnya pendidikan siswa/i di SD Al-Tafaqquh Fiddin ini, maka alhamdulillah karena hasil dari pada proses pendidikan serta masukan, kritik dan saran dari semua pihak anak-anak kita telah mencapai prestasinya, diantaranya ada yang telah hafal Al-Qur’an 19 Juz, 10 Juz, 7 Juz, 5 Juz, 4 Juz dan 3 juz, kemudian ada yang khatam 30 Juz Binnadzri, hafal Juz 30 serta hafal surah-surah pilihan seperti Surah Al-Kahfi, Yasin, Ar-rahman, Al-Waqiah, Al-Mulk serta lainnya. Anak-anak kelas 6 ini juga telah menyelesaikan hafalan materi Ghorib Musykilat serta hafalan materi tajwid. Dalam program pelaksanaan pendidikan Al Qur’an di SD Al-Tafaqquh Fiddin ini kami menggunakan Metode Tilawati. Metode Tilawati merupakan salah satu metode belajar Al Qur’an yang disampaikan secara praktis dan menggunakan nada lagu Rost, sehingga anak lebih senang dalam belajarnya.

Bapak kepala sekolah juga menyampaikan bahwa para pengajar Al Qur’an dengan Metode Tilawati ini telah melakukan Diklat pendidikan Guru Al Qur’an Metode Tilawati yang diselenggarakan oleh Tim Tilawati cabang Tanggerang Banten pimpinan Uts. Muhammad Rofiq, MA. di SD Al-Tafaqquh Fiddin dan sekaligus menyelesaikan munaqosyah dengan hasil lulus bersyahadah sebagai pengajar Al Qur’an Metode Tilawati, serta sebanyak 29 siswa-siswi dan santri SD Al-Tafaqquh Fiddin telah melaksanakan munaqosyah dan dinyatakan lulus bersyahadah Tilawati.    

Selain dari pencapaian pendidikan tadi, siswa/i SD Al-Tafaqquh Fiddin juga menorehkan prestasi di tingkat kecamatan dan kabupaten diantaranya, untuk di tingkat kecamatan Juara 1 Olimpiade (OSN) bidang matematika, juara 1 MHQ Putra, juara 1 lomba praktek sholat, juara 2 kaligrafi putra, juara 2 MHQ putri. Di tingkat kabupaten kami juga memperoleh juara 3 untuk praktek sholat, itulah prestasi yang digapai di tahun ini, mudah-mudahan ini menjadi awal untuk menggapai prestasi-prestasi lainnya dimasa depan.

Keuntungan SD Al-Tafaqquh Fiddin ini adalah berada di tengah-tengah Pondok Pesantren Mursyidul Falaah sehingga sedikit banyak karakter dari pada anak-anak kita mengikuti tradisi pesantren, dampaknya anak-anak kita disini mampu ta’dzim serta hormat kepada guru-gurunya, namun tetap saja tidak ada yang sempurna, tentunya kami masih banyak kekurangannya dalam pengelolaan lembaga ini, oleh karena itu kami selalu membuka masukan-masukan, saran-saran serta kiritikan yang dapat membangun serta memajukan lembaga ini

Kami juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pengajar sekolah, pengajar Tilawati dan Diniyyah serta pengajar pesantren dan staff yang telah dengan tulus dan ikhlas memberikan waktunya tenaganya dan ilmunya kepada seluruh siswa/i SD Al-Tafaqquh Fiddin semoga Allah jadikan semuanya sebagai jariyyah dan sekaligus mudah-mudahan anak-anak kita diberikan ilmu yang barokah serta manfaat Amin ya robbal ‘Alamiin

Beliau juga berpesan kepada para lulusan kelas 6 SD, bahwa dalam belajar tidak ada kata berhenti, sampai kapanpun harus tetap belajar, mengaji tidak ada batasnya, dan hanya ajal lah yang mampu menghentikan proses belajar kita, maka lanjutkan perjuangan belajarnya baik yang melanjutkan di SMP Al-Tafaqquh Fiddin maupun dimana saja kami berpesan lanjutkan dan bawa nama baik SD Al-Tafaqquh Fiddin serta Pondok Pesantren Mursyidul Falaah.

Sambutan juga disampaikan oleh Pengawas SD kecamatan Sindangwangi, Bapak Sulaeman, S.Pd., M.Si. beliau menyampaikan bahwa jumlah SD yang ada di sindangwangi dibawah binaan beliau jumlahnya ada 18 SD Negri dan 1 SD swasta, yaitu SD Al-Tafaqquh Fiddin. Beliau juga mengapresiasi hasil kejuaran yang telah dicapai, dan menyampaikan bahwa seluruh siswa-siswi SD Al-Tafaqquh Fiddin dinyatakan LULUS semua. Apresiasi juga diberikan kepada Kepala Sekolah SD Al-Tafaqquh Fiddin bahwa dalam perjalanannya SD Al-Tafaqquh Fiddin banyak mengalami kemajuan, dan bahkan julah siswa-siswinya terbilang paling banyak se kecamatan Sindangwangi, mengalahkan SD Negri yang ada. Sambutan beliau ditutup dengan mendo’akan seluruh Siswa-siswi dan Hususnya anak kelas 6 yang telah dinyatakan LULUS.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh salah satu wali siswa sekaligus walisantri dari ananda Muhammad Badruttamam, yakni KH. Fuad Hasyim. Beliau menyampaikan terimakasih kepada para Masayikh, Asatidz, kepala sekolah,  para dewan guru dan Hususnya kepada pengasuh Abah KH. Jaja Jamaluddin beserta Umi’ yang selalu mendidik dan selalu mendo’akan dimanapun dan kapanpun, bahkan disaat libur pun beliau selalu mendoakan para santri dan para Siswa-siswi. Ada perbedaan antara sekolah SD Al-Tafaqquh Fiddin yang berada ditengah-tengah pesantren dengan SD diluar, beliau memberikan satu contoh testimoni cara bersalaman anak-anak kepada orang yang lebih tua, orang tua, dan dengan gurunya maka anak-anak SD Al-Tafaqquh Fiddin cara bersalamannya selalu dengan dua tangan.

Beliau mengutip sebuah hadits

مَنْ وُلِدَ لَهُ وَلَدٌ فَلْيٌحْسِنْ اِسْمَهُ وَأَدَبَهُ، وَإِذَا بَلَغَ فَلْيُزَوِّجْهُ

“Barang siapa orang dikarunia Anak maka wajib memberi nama yang baik, dan memberikan pendidikan Adab (Tata krama dan sopan santun) dan ketika sudah baligh maka nikahkanlah”.

Diakahir sambutannya beliau mengajak kepada seluruh wali murid dan wali santri untuk menyampaikan bahwa SD Al-Tafaqquh Fiddin adalah lembaga yang tepat dan cocok untuk pendidikan anak-anaknya baik pendidikan formal, maupun kepesantrenan karena keberadaannya ditengah-tengah pesantren dan agar disebarkan kepada orang lain diluar sana.

Acara ditutup dengan do’a oleh wali murid atas nama Dliyaul Millah, yaitu KH. Muhsinin pengasuh Pondok Pesantren Roudhtut Tholibin Rajagaluh, dan juga do’a oleh Abah pengasuh Pondok Pesantren Mursyidul Falaah yang dido’akan langsung dari masjid Nabawi di kota Madinatul Munawwaroh melalui Telefon (Vidio call WA)

Semoga SD Al-Tafaqquh Fiddin akan semakin maju dan berprestasi, serta para siswa-siswi dan santrinya diberikan ilmu yang manfaat dan barokah Amien Ya Robbal ‘Alamin.

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

Related Post