KRONOLOGI
Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang umumnya dengan cara klasikal, pengajarannya seorang yang menguasai ilmu agama Islam melalui kitab-kitab agama Islam klasik (kitab kuning dengan tulisan Arab dalam bahasa Melayu Kuno atau dalam bahasa Arab). Kitab-kitab itu biasanya hasil karya ulama-ulama Islam dalam jaman pertengahan. Pendapat di atas, mengartikan bahwa pada dasarnya pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam, dimana kiyai berperan sebagai tokohnya, karena beranggapan kiyai mempunyai ilmu pengetahuan yang tinggi dan dijadikan sebagai sentral figurnya.
Selain itu M. Yacub Mastuhu
(1994 :55) berpendapat, Pesantren adalah
lembaga pendidikan tradisional
Islam untuk mempelajari, memahami, mendalami,
menghayati, dan mengamalkan
ajaran Islam dengan menekankan pentingnya
moral keagamaan sebagai
pedomen perilaku sehar-hari.
Jadi secara umum Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang di dalamnya banyak mempelajari ilmu-ilmu agama saja, namun seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan masyarakat pesantren mengubah sistim pendidikan yang awalnya merupakan pendidikan tradisional menjadi pendidikan modern. Kurikulum yang digunakan di pesantrenpun mengalami perubaahan. Dari kurikulum yang awalnya hanya mempealajari ilmi-ilmu agama saja berkembang menjadi kurikulum yang dipadukan dengan kuriukulm Dinas.Seperti halnya di Yayasan Pendidikan Al-Tafaqquh Fiddin. Yang dahulunya hanya mempelajari tentang ilmu-ilmu agama saja, kini pembelajaran sudah mengikuti perubahan dikarena tuntunan jaman dan masyarkat. Sehingga beridirilah sekolah SMP AL-Tafaqquh Fiddin.